Wednesday, September 20, 2017

DESAIN KAMAR SEJUK TANPA PENDINGIN ATAU AC



DESAIN KAMAR SEJUK TANPA PENDINGIN ATAU AC

BAGAIMANA CARA  MENDESAIN KAMAR MENJADI SEJUK TANPA PENDINGIN / AC ?


Sahabat penuh Inspirasi, kamar tidur yang selalu terasa panas pasti tak nyaman untuk istirahat. Banyak orang memilih cara instan, dengan memasang AC, padahal ada solusi lain yang dipilih dan lebih sehat.

Sebenarnya kita dapat mendesain kamar agar tetap sejuk, hal yang perlu di perhatikan adalah :


  1. Ventilasi cukup. Kurangnya ventilasi menyebabkan ruangan terasa panas. Hanya karena ventilasi yang minim, maka tiak terjadi pertukaran udara dari dalam ke luar ruangan atau sebaliknya.
  2.  Ventilasi Silang. Berapa jumlah jendela yang di perlukan di dalam kamar, Apakah satu jendela sudah cukup ?.

Desain dengan Ventilasi silang  diperlukan untuk mengatur pertukaran udara dalam ruangan.  Disini paling tidak diperlukan dua buah jendela yang berhadapan dalam satu ruangan. Udara yang masuk melalui satu jendela, akan langsung dialirkan keluar melalui jendela yang berhadapan , dan berganti dengan udara yang baru, begitulah seterusnya. Kalau sudah begini , tanpa AC pun ruangan akan terasa sejuk dan segar.



BAGAIMANA BILA LETAK KAMAR BERHIMPITAN DENGAN TEMBOK TETANGGA SEBELAH ?

Sahabat penuh inspirasi, kalau sudah begini, Desain yang di buat,  bisa dengan Ide menambah Kamar lorong. Sebuah kamar lorong baru ini, di desain dengan memberikan tanaman ( taman ) untuk memberikan penghawaan atau pertukaran udara pada dua buah kamar.


Beri jarak antara dinding kamar dengan dinding tetangga, kemudian semen di area itu agar ridak becek. Namun untuk menciptakan kesan alami, taburi area yang ditutup semen itu dengan batu hias, atau batu koral putih. Beri tanaman yang paling gampang perawatannya.
Sabat penuh inspirasi selesailah sudah , desain kamar kita yang sejuk dan segar , tanpa AC.
 
Selamat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment